Rabu, 04 April 2012

cara instal sistem operasi dalam 1 pc (windows xp dan linux)

Langkah – langkah Installing 2 Operating System ke dalam sebuah Komputer
1.       Hal yang pertama dilakukan  sebelum meng-install Operating System adalah mempartisi hardisk terlebih dahulu. Namun Sebelum itu kita perlu mengatur booting Cd untuk pertama kali di Bios nya. Klik Delete untuk masuk ke pengaturan BIOS
2.        Lalu lakukan partisi Hard disk dengan aplikasi hirent dengan aplikasi paragon yang ada di dalam hirent tersebut dengan skenario sebagai berikut:
12    1. Bagi partisi menjadi 4 bagian, untuk OS windows 7 siapkan 2 bagian, 1 dengan ukuran 38150 MB untuk menjadi file SYSTEM dengan type NTFS, yang ke 2 dengan ukuran 38150 MB menjadi file DATA. 2 bagian inilah yang nanti akan diisi oleh OS Windows 7.
        2.lalu siapkan 2 bagian yang lainnya untuk Linux Ubuntu, 1 dengan ukuran 2505 MB untuk menjadi Linux Swap, dan sisanya untuk menjadi file SYSTEM & DATA dengan type Ext 3. Lalu apply semua proses yang tadi. partisipun selesai.  
3.       Selanjutnya setelah Hard disk nya sudah di partisi masukkan DVD instalasi windows seven yang sudah di persiapkan terlebih dahulu.

4.       Tunggu sampai DVD nya me-load files yang ada. Tunggu sampai screen shot nya seperti ini :


5.       Pilih bahasa yang diinginkan, lalu waktunya serta input keyboard nya, selanjutnya klik next yang ada di kiri bawah. Setelah ada screen shot seperti gambar di bawah ini. Klik install, lalu proses penginstalasian akan dilakukan.

6.       Selanjutnya kita menunggu windows starting untuk proses instalasi.

7.       Tampilan selanjutnya adalah tampilan lisensi user agreement. Centang pada kotak kecil untuk menerima perjanjian lisensi user.


8.       Tampilan selanjutnya adalah memilih tipe instalasi yang diinginkan. Kami memilih custom(advanced) agar dapat memilih partisi mana yang akan diletakkan untuk proses instalasi.

9.       Lalu screen shot selanjutnya, kita memilih tempat untuk instalasi windows ini, kita memilih paling atas, yang berlabel  SYSTEM, lalu klik Next

10.   Selanjutnya proses instalasi dilakukan
11.   Setelah instalasi sukses dilakukan, maka tampilannya akan seperti di bawah ini

Setelah proses penginstalasian OS pertama selesai, maka langkah selanjutnya adalah meng-install OS ke dua, OS ke dua yang di install adalah Linux UBuntu. Cara-caranya adalah sebagai berikut :
1.       Restart  komputer  namun terlebih dahulu keluarkan dvd instalan windows seven yang ada di dalam dvd Drive.
2.       Setelah itu masukkan CD instalation Linux UBuntu yang sudah dipersiapkan terlebih dahulu. Tunggu sampai screen shotnya seperti gambar di bawah ini.

3.       Pilih opsi yang install UBuntu. Tunggu sampai komputer me-load file yang ingin diinstalasikan.

4.       Lalu pilih Bahasa Inggris sebagai bahasa dalam penginstalasian, setelah itu klik Forward yang ada di kanan bawah
5.       Step ke-2 dalam penginstalasian. Pilih waktu dan tempat dimana kita tinggal. Setelah selesai diatur klik forward.

6.       Selanjutnya memilih tampilan layout keyboard, pilih saja USA. Setelah itu proses partisi hardisk dimulai untuk memilih, karena step ini ada di step berikutnya.

7.       Proses selanjutnya adalah memilih dimana penginstalasian OS akan disimpan. Pilih lah opsi terakhir, memilih partisi secara manual. Lalu klik forward.

8.       Selanjutnya memilih tempat partisi nya, terdapat 4 partisi disk, pilih yang ke 3, dengan disk dengan type ext 3, sebelumnya ubah free space yang ada dibawahnya dengan swap area, lalu centang lagi yang type nya ext 3 agar file instalasi dapat ditaruh disana


9.       Selanjutnya akan ada screen shot tentang nama user serta password yang diinginkan untuk masuk ke akun yang dibuat. Ketikkan pada kolom yang tersedia lalu klik forward.
10.   Lalu selanjutnya adalah proses penginstalasian OS Ubuntu ke dalam komputer. Tunggu sampai  100%

11.   Berikut ini dibawah ada gambar tampilan Ubuntu yang sudah selesai instalasi.
Dengan ini selesailah proses penginstalan 2 OS dalam 1 komputer. Berikut ini adalah tampilan komputer yang terdapat dua operating system :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar